Rabu, 14 Desember 2016

RPP K13 Pendampingan PROTISTA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
REVISI K.1.5

Sekolah                     : SMA NEGERI 1 PARANGLOE
Mata Pelajaran       : BIOLOGI
Kelas/Semester       : X / GANJIL
Alokasi waktu         : 2 X 45 Menit (1x Pertemuan)

A.     Kompetensi Inti (KI)

K3. Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar
Indikator
3.5 Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan peranya dalam kehidupan melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.

1    Mendiskusikan ciri-ciri protista mirip tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan

2    Mengklasifikasikan protista mirip tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan

3    Menyimpulkan protista mirip tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan


4.5 Merencanakan dan melaksanan pengamatan tentang ciri-ciri dan peran protista dalam kehidupan dan menyajikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan hasil praktikum.
. Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan
  praktikum


C.      Materi Pembelajaran
Kingdom Protista
·         Ciri-ciri umum protista dan penggolongannya
·         Ciri-ciri umum Protista mirip jamur (jamur lendir/ Slime Mold.
·         Ciri-ciri umum Protista mirip tumbuhan (Alga) 
·         Ciri-ciri umum Protista mirip hewan (Protozoa)
·          Peranan protista dalam kehidupan

D.     Kegiatan Pembelajara

Pendekatan                 : Scientific
Metode                        : Eksperimen
Model                          : PBL (Problem Based Learning)

1.   PertemuanPertama:(2 JP)

Indikator  :  Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan praktikum







Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
·         Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam.
·         Guru bersama siswa berdoa terlebih dahulu dipimpin oleh  salah satu  sebelum memulai pelajaran.
·         Guru memberi salam, selanjutnya  menanyakan kabar peserta didik, dengan menyampaikan ucapan “Bagaimana kabar kalian hari ini? Sehat, sudah siapkah belajar?” Siapa saja yang tidak bisa hadir dalam pembelajaran hari ini? (mengabsen siswa/membagi kelompok)
·         Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari, dengan pertanyaan “apakah kalian pernah melihat anak yang kekurangan gizi? Apakah kalian tahu penyebabnya? Memperliahtkan gambar anak yang mengalami kekurangan gizi.
·         Setelah siswa mengamati fenomena, guru memberikan pertanyaan “apa yang kalian pikirkan dari fenomena tersebut?
·         Kebutuhan gizi dapat diperoleh dari berbagai macam makanan alternative, misalkan kebutuhan protein dari alga !

5 menit
Kegiatan Inti
Fase 1
Mengorientasikan siswa pada masalah
Menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan      logistik yag dibutuhkan
Memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif dalam pemecahan masalah yang dipilih

5 menit



10 menit


30 menit

15 menit




15 menit
Fase 2
Mengorganisasikan siswa untuk belajar
Membantu peserta didik mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut
Fase 3
Membantu penyelidikan mandiri dan kelompok
Mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk
mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah
Fase 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Membantu peserta didik dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, model dan berbagi tugas dengan teman
Fase 5
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari /meminta kelompok presentasi hasil kerja
Penutup
·         Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi hari ini yang belum jelas.
·         Guru bersama siswa membuat kesimpulan pembelajaran hari ini
·         Guru memberikan tugas sebagai bagian pengayaan dengan meminta siswa untuk mencari artikel tentang pemanfaatan Alga sebagai prduk makanan.
·         Membuat kliping produk makanan dengan bahan baku alga berbagai media informasi.


10 menit

E.      Teknik Penilaian
ü  Tes tertulis pilihan ganda
ü  Lembar penilaian tugas LKS
ü  Penilaian Laporan Hasil praktikum

F.      Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media      
-LCD
-Powerpoint
-Laptop
2.    Alat dan bahan (untuk setiap kelompok)
- Presentasi Power Poin
- Gambar Model Protista (Alga)
3.    Sumber belajar
·      Buku Biologi  kelas X (Budiati, Herni. 2009. Biologi : untuk SMA dan MA Kelas X . Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional)
·      Buku Biologi kelas X (Sulistyorini, Ari. 2009. Biologi 1 : Untuk Sekolah menengah Atas/Madrasah Aliyah Kelas X. Jakarta : Departemen Pendidikan Naisonal)


                                                                                                                                        Parangloe, 21 Nopember 2016
Mengetahui                                                                                                                          Guru Matapelajaran,
Kepala Sekolah




H.TAJUDDIN, S.Pd.                                                                                                         Drs. ACH.AGUS ISNAINI
Nip. 196808051994403012                                                                                               Nip.196608151994121004