RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
REVISI K.1.5
Sekolah :
SMA NEGERI 1 PARANGLOE
Mata Pelajaran :
BIOLOGI
Kelas/Semester :
X / GANJIL
Alokasi waktu : 2 X 45 Menit (1x Pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
K3. Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
K4. Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.5 Menerapkan prinsip
klasifikasi untuk menggolongkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan
peranya dalam kehidupan melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
|
1 Mendiskusikan ciri-ciri
protista mirip tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan
|
2 Mengklasifikasikan protista
mirip tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan
|
|
3 Menyimpulkan protista mirip
tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan
|
|
|
|
4.5 Merencanakan dan melaksanan
pengamatan tentang ciri-ciri dan peran protista dalam kehidupan dan
menyajikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan hasil praktikum.
|
.
Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan
praktikum
|
C. Materi Pembelajaran
Kingdom
Protista
·
Ciri-ciri umum protista dan
penggolongannya
·
Ciri-ciri umum Protista mirip
jamur (jamur lendir/ Slime Mold.
·
Ciri-ciri umum Protista mirip
tumbuhan (Alga)
·
Ciri-ciri umum Protista mirip
hewan (Protozoa)
·
Peranan protista dalam kehidupan
D. Kegiatan Pembelajara
Pendekatan : Scientific
Metode : Eksperimen
Model : PBL (Problem Based Learning)
1. PertemuanPertama:(2 JP)
Indikator :
Mengkomunikasikan
hasil pengamatan dalam bentuk laporan praktikum
Langkah
Pembelajaran
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
·
Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan
salam.
·
Guru bersama siswa berdoa terlebih dahulu
dipimpin oleh salah satu sebelum memulai pelajaran.
·
Guru memberi salam,
selanjutnya menanyakan kabar peserta didik, dengan menyampaikan ucapan
“Bagaimana kabar kalian hari ini? Sehat, sudah siapkah belajar?” Siapa saja
yang tidak bisa hadir dalam pembelajaran hari ini? (mengabsen siswa/membagi
kelompok)
·
Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan
materi yang akan dipelajari, dengan pertanyaan “apakah kalian pernah melihat
anak yang kekurangan gizi? Apakah kalian tahu penyebabnya? Memperliahtkan
gambar anak yang mengalami kekurangan gizi.
·
Setelah
siswa mengamati fenomena, guru memberikan pertanyaan “apa yang kalian
pikirkan dari fenomena tersebut?
·
Kebutuhan gizi
dapat diperoleh dari berbagai macam makanan alternative, misalkan kebutuhan
protein dari alga !
|
5 menit
|
|
Kegiatan Inti
|
Fase 1
Mengorientasikan siswa pada
masalah
|
• Menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan
logistik yag dibutuhkan
• Memotivasi peserta didik untuk terlibat aktif
dalam pemecahan masalah yang dipilih
|
5 menit
10 menit
30 menit
15 menit
15 menit
|
Fase 2
Mengorganisasikan siswa untuk belajar
|
Membantu peserta didik mendefinisikan dan
mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut
|
||
Fase 3
Membantu penyelidikan mandiri dan kelompok
|
Mendorong peserta didik untuk mengumpulkan
informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk
mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah
|
||
Fase 4
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
|
Membantu peserta didik dalam merencanakan
dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, model dan berbagi tugas
dengan teman
|
||
Fase 5
Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Mengevaluasi hasil belajar tentang materi
yang telah dipelajari /meminta kelompok presentasi hasil kerja
|
||
Penutup
|
·
Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya
tentang materi hari ini yang belum jelas.
·
Guru
bersama siswa membuat kesimpulan pembelajaran hari ini
·
Guru
memberikan tugas sebagai bagian pengayaan dengan meminta siswa untuk mencari
artikel tentang pemanfaatan Alga sebagai prduk makanan.
·
Membuat kliping
produk makanan dengan bahan baku alga berbagai media informasi.
|
10 menit
|
E. Teknik Penilaian
ü Tes tertulis pilihan ganda
ü Lembar penilaian tugas LKS
ü
Penilaian Laporan Hasil praktikum
F. Media/Alat, Bahan, dan Sumber
Belajar
1. Media
-LCD
-Powerpoint
-Laptop
2. Alat dan bahan (untuk setiap
kelompok)
- Presentasi Power Poin
- Gambar Model Protista (Alga)
3. Sumber belajar
· Buku Biologi kelas X (Budiati, Herni. 2009. Biologi : untuk SMA dan MA Kelas X . Jakarta: Departemen Pendidikan
Nasional)
· Buku Biologi kelas X (Sulistyorini,
Ari. 2009. Biologi 1 : Untuk Sekolah menengah Atas/Madrasah
Aliyah Kelas X. Jakarta
: Departemen Pendidikan Naisonal)
Parangloe, 21
Nopember 2016
Mengetahui
Guru Matapelajaran,
Kepala Sekolah
H.TAJUDDIN, S.Pd.
Drs.
ACH.AGUS ISNAINI
Nip.
196808051994403012
Nip.196608151994121004